Latest Posts

Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan dan Kecantikan

By 03.16

Manfaat Buah Mentimun - Khasiat dari buah Mentimun sangatlah luar biasa teman, banyak orang yang belum mengetahuinya, oleh karena itu saya pada kesempatan kali ini akan mencoba untuk berbagi mengenai Khasiat buah mentimun ataupun buah Timun, sebenarnya ada banyak banget manfaat yang terkandung dalam buah mentimun ini, mari kita bahas bersama:

Kandungan Gizi Dalam mentimun 

Mentimun terdiri dari 95% air dan secara alami rendah kalori, lemak, kolesterol dan sodium. Menurut USDA National Database Gizi, 1 cangkir irisan mentimun dengan kulitnya (sekitar 119 gram) mengandung :

  • 115 gram air
  • 16 kalori
  • 0,8 gram protein
  • 0,2 gram lemak
  • 2,9 gram karbohidrat (termasuk 0,9 gram serat dan 1,8 gram gula)

Di dalam secangkir mentimun ini, juga mencukupi kebutuhan harian zat seperti  11% dari vitamin K, 4% vitamin C, magnesium, kalium dan mangan dan 2% dari vitamin A, thiamin, riboflavin, B-6, folat, asam pantotenat, kalsium, zat besi, fosfor, seng dan tembaga.

Manfaat Mentimun Untuk Perawatan Kecantikan

Mentimun Salah satu yang amat digemari wanita pada Mentimun , yakni sangat baik untuk mengatasi masalah kecantikan. Berikut ini manfaat Mentimun untuk kecantikan sebagai berikut :

  1. Mengurangi lingkaran hitam pada mata
    Manfaat Mentimun pada kandungan zat silika pada Mentimun dapat membantu peremajaan kulit sekitar mata. Cukup kompres saja dengan potongan Mentimun pada mata.
  2. Mengurangi bintik hitam
    Parutan Mentimun yang dibaluri ke daerah wajah dan leher, dipercaya mampu mengurangi bintik-bintik hitam akibat paparan matahari. Hal ini karena timun dapat digunakan sebagai tonik alami.
  3. Mencegah kerutan pada kulit
    Manfaat Mentimun memberikan rasa kesegaran yang alami bagi kulit, karena sifatnya yang mengandung air sehingga baik untuk membersihkan wajah dan melembabkan kulit. Potongan timun cukup di tempelkan pada kulit secara rutin.

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan

Manfaat Mentimun bagi kesehatan sangat beragam, mengkonsumsi Mentimun akan menambah asupan berbagai zat yang penting untuk tubuh. Berikut adalah ulasan berbagai manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh manusia.
  1. Melindiungi Otak
    Di dalam mentimun terdapat sejumlah zat yang bernama flavanol (fisetin), yang memiliki manfaat dalam peningkatan memori dan melindungi sel-sel saraf, dari penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan usia. Pada penelitian yang dilakukan oleh tikus, senyawa fisetin ini memberikan perlindungan secara progresif terhadap gangguan Alzheimer.
  2. Asupan Antioksidan
    Ketimun memang kaya dengan beragam jenis antioksidan juga terdiRI dari flavonoid,quercetin,apigenin,luteolin,kaempferol termasuk vitamin C dan beta karoten Antioksidan dapat membantu melawan pertumbuhan gejala kanker dan menurunkan resiko penyakit kronis termasuk penyakit jantung.
  3. Menjaga asuspan air bagi tubuh
    Ketimun mengandung 96% kadar air yang lebih baik dibanding air biasa. Memekan ketimun, dapat menghindarkan diri dari dehidrasi dan tentunya membantu menetralkan toksin dalam tubuh.
  4. menyehatkan Jantung
    Kandungan dalam jus mentimun berupa kalium seperti pada manfaat pisang, juga magnesium dan serat yang sangat baik dikonsumsi bagi penderita darah tinggi atau pun rendah. Keseimbangan kalium di dalam maupun di luar sel-sel sangat penting bagi tubuh, untuk mengontrol keadaan tekanan darah dalam tubuh.

    Sebagai elektrolit, kalium adalah ion yang memiliki muatan positif yang harus dipertahankan dalam konsentrasi tertentu (sekitar 30 kali lebih tinggi dalam daripada di luar sel) dalam rangka melaksanakan fungsinya. Hal ini meliputi interaksi zat terhadap sodium, untuk membantu transmisi impuls kontrol saraf, kontraksi otot, dan fungsi jantung.
  5. Menjaga Berat Badan yang Sehat
    Mentimun sangat rendah kalori, yang bekerja seperti manfaat apel untuk diet. Membuat camilan dengan mengisi satu cangkir mentimun, hanya mengandung 16 kalori. Serat larut dalam mentimun bertekstur seperti gel dalam usus, yang membantu untuk memperlambat pencernaan. Perut akan merasa kenyang lebih lama dan inilah yang merupakan salah satu alasan, mengapa makanan kaya serat dapat membantu mengontrol berat badan.
  6. Baik untuk kesehatan gigi dan gusi
    Mengunyah mentimun dapat merangsang kelenjar air liur untuk memproduksi lebih banyak dan dapat mengurangi zat asam pada rongga mulut serta bekteri yang tumbuh di dalamnya. Penyakit gusi lain seperti pyorrea secara efektif dapat diobati oleh ketimun.
  7. Mendukung Pencernaan yang sehat
    Pada mentimun terdapat 2 komposisi dasar yang paling kaya keberadaannya, dan paling diperlukan n untuk pencernaan yang sehat yaitu air dan serat. Kandungan serat dan air yang melimpah membersihkan usus dari racun. Kulit mentimun mengandung serat larut, yang membantu menambah kebutuhan buang air besar. Hal ini membantu makanan bergerak melalui saluran pencernaan yang lebih cepat untuk pencernaan sehat.
  8. Membantu menyembuhkan gejala penyakit rematik dan asam urat
    Vitamin A, B, Folat, Kalium, Magnesium dalam mentimun yang dicampur dengan jus wortel untuk mendapatkan manfaat wortel, mampu meredakan nyeri astritis dan kadar asam urat dalam tubuh.

Efek Samping Yang Di timbulkan Mentimun :

  1. Dapat menyebabkan Alergi, terutama di sekitar rongga mulut yang menimbulkan gatal dan pembengkakan. Hal ini dapat dicegah dengan memasaknya, atau tidak dimakan dalam bentuk mentah 
  2. Dapat menyebabkan masalah gastritis dan gangguan pencernaan pada beberapa orang, terutama karena disebabkan adanya senyawa cucurbitacin.
  3. Mentimun juga bisa menyebabkan keracunan dan kebotakan karena bahan kimia yang ditemukan dalam mentimun. Hal ini biasanya terjadi jika seseorang mengkonsumsi mentimun secara berlebihan. Hindari juga memilih buah Mentimun yang berkulit keriput, atau yang memiliki rasa agak pahit.

Ternyata buah mentimun memiliki kandungan yang Cukup banyak sekali bukan, Semoga dengan adanya artikel ini semakin menambah wawasan teman-teman terhadap buah-buahan yang ada di sekitar kita, Dan untuk teman-teman yang mengisi tugas sekolah, jangan lupa bagikan juga link artikel ini kepada teman-teman kamu ya, terima kasih.

You Might Also Like

0 komentar